Selasa, 01 Februari 2011

ROLE PLAY PERAWAT(PERAN SEBAGAI KONSULTAN )


Role play ini menggambarkan bagaimana seorang perawat menjalankan perannya sebagai konsultan bagi pasien dan keluarga pasien.dimana yang role play ini akan di peran kan oleh :
Alex  contesa sebagai perawat
Andona putra  sebagai pasien
Ade crisdianne chan sebagai keluarga
Cinlia triami sebagai narrator.

Suatu pagi di ruangan rawat bedah pria sebuah rumah sakit swasta  di kota padang, sebut saja RS M.C.B.seorang perawat yang bernama alex  mendapat giliran untuk  dinas pagi, sebagai mana biasanya pagi itu dia  mengecek keadaan fasiennya. Pada saat itu ada seorang fasien post operasi  usus buntu namanya ando yang masih terbaring dan ditemani oleh istrinya.ando  mengalami mengalami masalah pada luka operasinya yaitu nyeri sekitar jahitan perutnya, ando dan istrinya khawatir dengan keadaan tersebut mereka takut akan terjadi infeksi yang menyebabkan penyakitnya bertambah parah.
Perawat Alex  : assalamu’alaikum…( salam dijawab oleh pasien dan istrinya)
                        Selamat pagi pak ! buk ! (dijawab oleh pasien dan istrinya)
Pak saya  perawat alex, yang menjadi perawat bapak pada hari ini, jadi jika bapak memerlukan saya , bapak bisa nyuruh keluarga bapak untuk memanggil saya.
Pasien Ando :  iya dek.!!
Perawat Alex  : bagaimana pak, apa bapak sudah merasa baikan hari ini.?saya lihat hari ini bapak lebih segar kayaknya sudah ada baikan ya pak..???
Pasien ando     : HEHEHE..(Tertawa kecil)
                        Iya dek , udah agak mendingan dari kepada kemaren
Perawat alex    : bagus lah tu pak, saya juga lihat wajah bapak sudah cerah  pagi ni..
Pasien ando     : hehehe…(pasien dan istrinya tertawa kecil).. makasih dek..!!
                        Oh ya  dek, ada yang pengen bapak Tanya nich sama adek.
Perawat alex    : oh ya silahkan pak, apa tu masalahnya??
Pasien ando     : begini dek, rasa nya dari kemaren perut saya terasa nyeri dan perih dek.
Perawat alex    : perih bagaimana pak?
Pasien ando     : kadang perih nya tu sampai-sampai saya menangis dek.
Perawat alex    : ooo begitu ya pak, dibagian lukanya yang perih  ya pak?
Pasien ando     : iya dek.
Perawat alex    : ada kemungkinan bapak makan yang pedas-pedas atau makanan yang keras ya pak.
Pasien ando     : maksudnya dek?
Perawat alex    : ya mungkin bapak ada makan nasi yang keras, gulai atau sambal yang pedas mungkin pak..?
Pasien ando     : ooo begitu ya dek.
Perawat alex    : iya pak, kemaren atau malam tadi bapak makannya pake nasi biasa atau nasi lunak pak?
Pasien ando     : gak tau dek, rasa nya gak terlalu keras lah nasinya..n itu pun istri saya yang nyuapin saya dek.
Kemudian perawat alex bertanya kepada istri ando.
Perawat alex    :  buk, kemaren bapak makannya pake nasi biasa atau lunak buk? Dan sambal nya pedas gak buk?
Istri pasien ando: kemaren cuman dikasih makan gulai cancang dan dendeng batokok dek.cuman nasinya nasi lunak.
Perawat alex    :  betul pak, kemaren makan dendeng batokok ya..?
Pasien ando     : iya dek, maklumlah dek,bapak  sudah lama gak makan gulai cancang sama dendeng batokok.
Perawat alex    : ooo begitu ya pak..bapak suka makan dendeng batokok ya?
Istri pasien ando          : iya dek, bapak tu suka sekali makan  dendeng batokok sama gulai cancang.
Perawat alex    :  betul tu pak?
Pasien ando     : hehehe..betul dek.
Perawat alex    : bapak, bapak boleh makan gulai cancang dan dendeng batokok, tapi sebaiknya selagi bapak dalam masa penyembuhan bapak lebih baik tidak makan itu dulu, karena bisa mengganggu proses penyembuhan bapak, bapak ni baru selsai dioperasi, jadi perut bapak masih luka dan belum kering pak.
Pasien ando     : ooo gitu ya dek..?
                        Nanti bisa infeksi ya dek?
Perawat alex    : ada kemungkinan pak, klo bapak terus  makan itu, seperti rasa nyeri yang bapak rasakan sekarang, itu  efek dari makanan yang bapak makan pak,  karena makanan itu lewat diusus bapak .
Pasien ando     : ooo gitu ya dek,
Perawat alex    : nanti pak klo bapak merasa nyari lagi, bapak coba pelan-pelan bapak tarik napas agak panjang dan keluarkan kembali.. coba lakukan itu berkali-kali ya pak untuk meringankan rasa nyerinya.
Pasien ando     : iya dek,  dek, bapak takut nanti infeksi. Sebab didekat rumah saya kemaren pernah mengalami infeksi usus sehingga dia sampai meninggal.
Perawat alex    : nah itu makanya pak, sebelum terjadi infeksi coba bapak berhenti dulu untuk makan makanan yang pedas dan berlemak dulu termasuk gulai cancang dan dendeng batokok tadi. Klo bapak mau makan , makan saja makanan yang sudah disediakan oleh rumah sakit ya pak.
Pasien ando     : ooo gitu ya dek.
                        Jadi sampai kapan saya gak bisa makan makanan yang pedas-pedas dek?
Perawat alex    : sebaiknya sampai luka bapak benar-benar dinyatakan sembuh nanti pak. Bapak sabar aja ya.. tetap semangat untuk cepat sembuh.
Pasien ando     : oh ya lah klo begitu , terima kasih ya dek.
Perawat alex    : sama-sama pak.

Sebelum meninggalkan ruangan perawat alex memanggil istri pasien ando dan berpesan supaya istri bapak ando juga ikut dalam mendukung proses keperawatan ando dengan selalu menjaga dan mengontrol makanan yang diberikan kepada bapak ando selama proses perawatan dirumah sakit.
Perawat alex    : ibuk.!!
Istri ando         : iya dek..!!
Perawat alex    : ibuk, saya lihat bapak sudah ada kemajuan dalam penyembuhannya cuman tadi katanya masih ada terasa nyeri pada bagian luka operasinya.kami berharap ibuk juga ikut membantu dalam proes penyembuhan bapak.
Istri ando         : apa yang bisa saya lakukan dek?
Perawat alex    : ibuk harus menjaga makanan yang bapak makan sekarang buk.bapak dikasih makanan yang lunak dan tidak pedas, karena luka bapak masih basah. Rumah sakit kan sudah memberikan makanan itu. Cukup dikasih itu saja ya buk.
Istri ando         : ooo iya lah dek.
                        Oh ya perbannya apa ndak diganti dek?
Perawat alex    : iya buk nanti biar saya ganti perbannya.
Istri ando         : makasih ya dek.
Perawat alex    : sama-sama buk.kalo ibuk perlu saya . nanti panggil saja saya ya buk.
Istri ando         : iya dek.
Perawat alex    : ya udah buk , permisi
                        Assalamu’alaikum..
Istri ando         : walaikum salam..

Setelah mendapatkan keterangan dari perawat alex bapak ando pun sadar bahwa dia salah dalam makan makanan tadi yang membuat perutnya merasa nyeri dan mulai makan makanan yang lunak lagi. Begitu juga dengan istri pak ando ,juga ikut dalam mengontrol makanan pak ando.
Pasien ando     : buk, nampaknya bapak belum bisa makan dendeng batokok dan gulai cancang.
Istri ando         : iya pak, katanya bapak harus makan makanan yang lunak dulu. Ya udah bapak makan bubur aja sekarang ya..? biar ibuk  suapin.
Pasien ando     : iya buk.
Setelah beberapa hari bapak ando rutin melaksanakan apa yang telah disarankan perawat alex, sehingga pada hari ketujuh luka operasi pak ando sudah mengering dan tidak merasakankan nyeri lagi pada perutnya. Sehingga pada hari kedelapan pak ando dinyatakan sudah bisa pulang kerumahnya.dan memulai hidupnya lagi berkumpul bersama keluarganya.

-----------SEKIAN-----------

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar